Penyakit Jantung Bawaan Sianotik

Penyakit Jantung Bawaan Sianotik – Saya akan membahas tentang penyakit jatung bawaan sianotik. Penyakit jantung bawaan sianotik dapat bertahan sampai dewasa, tapi penyakit jantung bawaan hadir pada saat lahir.

Penyakit Jantung Bawaan Sianotik

Penyakit Jantung Bawaan Sianotik

Ini yang disebabkan oleh masalah perkembangan awal dengan struktur jantung dan fungsi jantung, yang biasanya mengganggu aliran darah yang tepat melalui jantung dan  dpaat mempengaruhi pernafasan. Dengan perawatan lebih canggih dan perawatan tingkat lanjut yang tepat, banyak bayi yang pernah akan meninggal karena penyakit jantung bawaan mampu bertahan dengan baik hingga dewasa.

Penyebab Penyakit Jantung Bawaan Sianotik

Penyakit jantung bawaan sianotik disebabkan oleh cacat jantung bawaan. Sering kali kedua istilah ini dapat digunakan secara bergantian.

Walaupun dokter kadang tidak tahu penyebab cacat jantung, diduga penyebab meliputi :

  1. Alkohol atau penyalahgunan narkoba selama kehamilan
  2. Genetika : cacat dapat terjadi dalam keluarga
  3. Penyakit diabetes : dapat mempengaruhi perekmbangan anak. Namun penyakit diabetes gestasional (diabetes yang terjadi ketika kehamilan) sejauh ini belum dikaitkan dengan penyakit jantung bawaan.
  4. Infeksi : jika ibu memilikiinfeksi virus oada trismeter pertama kehamilannya, maka dapat meningkatkan resiko melahirkan anak dengan cacat jantung.
  5. Obat : beberapa obat yang di konsumsi selama kehamilan dapat meningkatkan resiko, seperti obat anti kejang.

Meskipun ada berbagai jenis cacat jantung bawaan , mereka dapat diringkas menjadi 3 kategori utama yang diantaranya :

  1. Kelainan katup jantung. Katup dalam jantung dapat membuka dan menutup sehingga mengarahkan aliran darah pada jantung. Jika terdapat kelainan, maka aliran darah jantung tidak terarah akibat proses membuka dan menutup yang tidak normal.
  2. Kelainan dinding jantung. Dinding jantung antara bilik dan atrium kiri dan kanan mungkin tidak berkembang dengan benar, sehingga darah kembali ke ruangan jantung yang bukan aliran yang seharusnya. Cacat pada dinding membuat tekanan pada jantung lebih tinggi sehingga jantung bekerja lebih keras dan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi
  3. Kelainan pembuluh darah. Arteri dan vena yang membawa darah ke jantung dan menuju ke organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan benar sehingga menghalangi atau memperlambat aliran darah.

Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan Sianotik

wanita yang sedang hamil dapat mengambil tindakan tertentu untuk menurunkan resiko melahirkan bayi dengan cacar jantung bawaan :

  • Jika berencana hamil, diskusikan dengan dokter tentang mengenai obat apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi
  • Hindari alkohol, obat obatan terlarang, dan jamu jamuan selama kehamilan
  • Jika anda tidak diavaksinasi terhadap rubella (Campak Jerman), hindari paparan penyaky ini akan diskusikan dengan dokter tentang pilihan pencegahan terhadap rubella ini
  • Jika anda memiliki diabetes, pastikan kadar gula darah anda terkontrol sebelum kehamilan dan kerjasama dengan dokter untk mengelola penyakit saat kehamilan.

Jenis Penyakit Jantung Bawaan Sianotik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kebiruan yang tampak pada anak merupakan akibat dominasi darah yang kandungan oksigennya rendah mengalir ke seluruh tubuh . Dominasi darah yang miskin akan oksigen ini dapat diakibatkan oleh beberapa mekanisme:

  1. Terjadi kebocoran sekat antara bilik kiri dan kanan yang disertai penyempitan arteri pulmonal, atau bahkan buntu sama sekali. Penyempitan arteri pulmonal ini mengakibatkan tekanan di bilik kanan naik dan pada suatu titik akan lebih tinggi dari bilik kiri, sehingga darah dari bilik kanan sebagian akan mengalir ke bilik kiri, akibatya darah yang dipompakan ke seluruh tubuh merupakan pencampuran darah yang kandungan oksigennya rendah dengan darah yang kaya akan oksigen. Contoh kasus seperti ini adalah Tetralogy of Fallot (TOF).
  2. Terjadi kesalahan posisi dari arteri pulmonalis (pembuluh darah yang mengalirkan darah dari bilik kanan ke paru) dan aorta. Arteri pulmonalis yang semestinya keluar dari bilik kanan, pada kasus ini keluar dari bilik kiri dan sebaliknya aorta keluar dari bilik kanan. Maka yang terjadi adalah darah yang kurang oksigen dari sistem vena yang seharusnya dialirkan ke paru untuk mendapatkan oksigen, dialirkan langsung kembali ke seluruh tubuh karena yang keluar dari bilik kanan adalah aorta. Dan sebaliknya dengan arteri pulmonalis keluar dari bilik kiri, sehingga darah yang sudah mendapatkan oksigen, yang seharusnya dialirkan ke seluruh tubuh, malah kembali lagi ke paru. Keadaan ini menyebabkan dua sistem sirkulasi yang seharusnya bekerja secara paralel menjadi terpisah. Akibatnya anak akan semakin biru dan akan meninggal dengan cepat apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Kasus seperti ini disebut dengan Transposition of the Great Arteries (TGA). Masih banyak contoh kasus lain yang menampakkan gejala biru, tetapi kasus di atas merupakan kasus yang paling sering ditemukan.

Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan Sianotik

Beberapa pencegahan berikut ini yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit jantung bawaan sianotik :

  • Menghindari asap rokok baik pasif apalagi aktif
  • Menghindari dari paparan sinar X atau radiasi dari foto rontgen berulang ketika masa kehamilan
  • Melakukan pemeriksaan antenatal atau pemeriksaan disaat kehamilan secara rutin dan teratur sehingga berbagai kelainan (bukan hanya penyakit ini) dapat segera diketahui dan diberikan perlakukan medik sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter.
  • Mengenali faktor risiko pada ibu hamil seperti penyakit gula, penyakit jantung, kelainan genetik dan lainnya. Meskipun kecil, namun faktor risiko itu dapat mempengaruhi bayi yang dikandungnya terkena penyakit jantung bawaan ini.
  • Menghindari mengkonsumsi obat-obatan tertentu disaat kehamilan karena diketahui bahwa beberapa obat dapat membahayakan janin dalam kandungan. Biasanya pemakaian obat dan antibiotika pada ibu hamil hanya bisa digunakan jika terdapat indikasi yang jelas.

Penyakit Jantung Bawaan Sianotik

Cara Pesan Obat Penyakit Jantung Bawaan Herbal, Tradisional & Alami 

Obat Herbal Jantung Untuk Memelihara Kesehatan Jantung, Membantu Pengobatan Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Menstimulasi Perbaikan Jaringan Jantung Yang Rusak, Membersihkan Bekuan Darah dan Endapan di Pembuluh Darah

Harga Obat Penyakit Jantung Bawaan Herbal

Harga Obat Penyakit Jantung Bawaan Herbal

Harga Obat Jantung 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket HEMAT Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Penyakit Jantung Bawaan Herbal

Paket HEMAT Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Jantung:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Obat Jantung, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung Bawaan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.