Diagnosa Keperawatan Penyakit Jantung Bawaan

Diagnosa keperawatan penyakit jantung bawaan atau penyakit jantung kongenital ini terdapat dua penyebab utama penyakit jantung kongenital : genetik dan lingkungan. Pada kelainan kromosom tertentu (misal, sindrom Down) terjadi peningkatan kelainan jantung, riwayat penyakit jantung kongenital pada keluarga adalah salah satu faktor penting. faktor lingkungan yang berperan adalah penyakit infeksi yang terjadi selama trisemester pertama kehamilan.

Diagnosa Keperawatan Penyakit Jantung Bawaan

Diagnosa Keperawatan Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit katup jantung deformitas katup jantung dapat disebabkan oleh defek kongenital, perubahan degeneratif, proses infeksi, mislnya demam rematik, endokarditis bakteri, atau demam scarlet, infrak miokardium yang mengenai otot papilaris. Penyakit aorta asenden atau trauma. Dapat terjadi stenosis (penyempitan) atau insufisiensi (kebocoran) atau kombinasi dari keduanya. Disfungsi katup dapat menyebabkan perubahan hemodinamika yang mengganggu fungsi jantung dan menyebabkan beban pada jantung, gagal jantung kongestif dan akhirnya kematian.

Faktor resiko yang berkaitan dengan penyakit jantung bawaan yang dapat digolongkan secara logis yaitu:

1. Kebiasaan hidup atau lingkungan hidup yang tidak ditentukan.
Gaya hidup yang mempredisposisi individu ke penyakit jantung adalah diet yang terlalu kaya dengan kalori, lemak jenuh, kolesterol, garam serta kelembanan fisik. Penambahan berat berat badan yang tidak terkendali juga dapat menjadi faktor diagnosa penyakit jantung bawaan.

2. Sifat aterogenik
mencakup lipid darah, tekanan darah dan diabetes melitus. Faktor ini bersama-sama berperan besar dalam menentuak kecepatan artero- genensis.

3. Faktor resiko lainnya.
Faktor penyakit jantung bawaan karena umur dan jenis kelamin.

Beberapa gejala yang muncul pada saat melakukan diagnosa keperawatan penyakit jantung bawaan ini antara lain:

1. Buah hati bunda yang terlihat lelah dengan nafas yang memburu dan berkeringat yang berlebih pada saat sedang menghisap ASI. Mengakibatkan buah hati bunda sering melakukan istirahat sebentar dan melanjutkan untuk menghisap ASI, atau bahkan lebih parahnya lagi buah hati bunda menjadi malas untuk menghisap ASI milik bunda.

2. Terjadi kegagalan pada saat anak mengalami tumbuh kembang akibat asupan susu atau makanan yang tidak memadai. Hal ini mengakibatkan pertambahan berat badan buah hati anda menjadi lambat dan bahkan tidak bertambah sama sekali, Bahkan terlihat seperti kekurangan gizi dan daya tubuh yang rendah membuat anak mudah sakit-sakitan.

3. Buah hati munda mendaji cepat merasakan kelelahan yang disertai dengan sesak nafas saat melakukan aktifitas fisik. Diagnosa keperawatan penyakit jantung bawaan ini menjelaskan bahwa anak tidak sanggup untuk melakukan perjalanan jauh atau berlari untuk bermain dengan teman-temannya. Juga mungkin tidak sanggup mengikuti kegiatan olahraga di sekolahnya.

4. Anak anda sering terkena penyakit infeksi saluran pernafasan. Biru pada bibir dan kuku jari tangan anak atau kaki pada penderita yang sedang didiagnosa keperawatan penyakit jantung bawaan yang akan terlihat semakin jelas apabila si anak sedang menangis. Bahkan penyakit biru ini dapat berakibat fatal pada penyakit jantung. Anak yang terserang penyakit jantung biru tiba-tiba akan terlihat bertambah biru, gelisah, pernafasan cepat dan selanjutnya menjadi lemas, kesadaran menurun dan kadang disertai dengan kejang-kejang. Beberapa faktor, antara lain menangis kuat dan lama, demam, dehidrasi, kelelahan ataupun kedinginan dapat menjadi pencetus terjadinya serangan penyakit jantung.

Diagnosa keperawatan

1. Penurunan curah jantung yang berhubungan dengan pirau darah ke ventrikel kanan, penurunan volume sekuncup.

2. Aktual/risiko tinggi pola napas tidak efektif yang berhubungan dengan kelainan vaskular paru obstruktif akibat sekunder dari stenosis pulomoner.

3. Diagnosa keperawatan penyakit jantung bawaan berupa aktual/risiko tinggi gangguan pemenuhan nutirisi kurang dari kebutuhan yang berhubungan dengan intake tidak adekuat akibat sekunder dari adanya sesak napas, mual, dan anoreksia.

4. Risiko kekembuhan yang berhubungan dengan ketidakpatuhan terhadap aturan terapeutik, tidak mau menerima perubahan pola hidup yang sesuai.

Komplikasi yang muncul pada diagnosa keperawatan penyakit jantung bawaan antara lain:

  • Serangan penyakit jantung yang akan mengancam jiwa anda yang menyebabkan terjadinya infark myocardium (kematian pada otot jantung) karena persediaan darah dalam jantung yang tidak mencukupi kebutuhan.
  • Diagnosa keperawatan penyakit jantung bawaan yang merupakan gagal jantung kongestif karena ketidakmampuan jantung untuk memompa darah dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan jaringan terhadap nutrien dan oksigen.
  • Angina pectoris yang tidak stabil, syok dan aritmia
  • Tekanan Darah Tinggi (hipertensi) dan Diabetes

Diagnosa keperawatan penyakit jantung bawaan dikelompokan menjadi:

1. penyakit jantung bawaan sianotik yang biasanya memiliki kelainan struktur jantung yang lebih kompleks dan hanya dapat ditangani dengan tindakan pembedahan atau operasi.

2. penyakit jantung bawaan asianotik yang memiliki kelainan yang yang sederhana dan tunggal, namun tetap saja lebih dari 90% di antaranya memerlukan tindakan bedah jantung terbuka untuk pengobatannya. Sepuluh persen lainnya dari diagnosis keperawatan penyakit jantung bawaan adalah kelainan yang dialami jantung seperti kebocoran sekat bilik jantung yang masih mungkin untuk menutup sendiri seiring dengan pertambahan usia buah hati anda.Penyakit jantung bawaan asianotik meliputi 75% dari seluruh prevalensi kelainan jantung bawaan. Secara garis besar dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu penyakit jantung bawaan asianotik dengan pirai kiri ke kanan, dan tanpa pirai (obstruktif). Kelompok dengan pirai meliputi defek septum ventrikel (VSD), defek septum atrium (ASD), duktus arteriosus persisten (PDA), dan endocardial cushion defect (ECD). Kelompok tanpa pirai meliputi stenosis pulmonar, stenosis aorta, dan koarktasio aorta. Masing-masing kelainan dalam diagnosis keperawatan penyakit jantung bawaan ini memiliki ciri-ciri tersendiri, termasuk dalam teknik diagnosis dan tatalaksana.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung Bawaan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *